Bandung – PT. Global Pratama Powerindo dipilih menjadi lokasi Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Teknologi Energi Terbarukan perdana di bidang tenaga surya untuk menjawab kebutuhan pasar terkait tenaga kerja ahli di bidang (Teknologi Energi Terbarukan/TET). Proyek ini berjalan hingga Februari 2018, mendapat pedanaan dari dana hibah Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-Indonesia).

Ada tiga pihak yang terlibat dalam proyek ini yaitu Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri atau Technical Education Developement Center (P4TK BMTI/TEDC) Bandung, Universitas Mataram (Unram) dan KM Utama Indonesia.

Proyek ini akan membangun sistem pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi dalam TET, termasuk menetapkan standar kompetensi dalam TET atau standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dengan persetujuan Kementerian Tenaga Kerja.

Menurut Putra Ilham Setiyansyah, Direktur Pemasaran pada PT. Global Pratama Powerindo,  GPP sebagai perusahaan EBT khususnya di bidang surya akan berkontribusi menyusun standarisasi SDM yang baik di bidang energi surya. apalagi kami ini perusahaan yang mempunyai rata-rata usia team dibawah 30 tahun, otomatis kami mensupport penuh program ini, karena idealisme dan professional project di bidang energi sangat dibutuhkan agar tidak terjadi lagi project yang bermasalah di kemudian hari.buktinya dalam beberapa waktu penyusunan MUK (Materi Uji Kompetensi) team kami termaksud saya sendiri selalu berperan aktif hadir, menyusun, memberikan solusi dalam pengembangan materi  tersebut.

Dengan demikian, GPP dapat memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada customer, dunia pendidikan, dan kelompok profesional yang terkait, dengan berbekal kompetensi dan peralatan TET yang ada.

Pada akhir proyek pada bulan ke-28, proyek diharapkan telah menghasilkan SKKNI, pelatih dan asesor terlatih dan tersertifikasi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dilengkapi dengan fasilitas pengujian TET.

Proyek ini telah mengujicobakan melaksanakan sertifikasi dalam kompetensi di bidang energi solar/surya yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), PT. Global Pratama Powerindo dipercayai menjadi perusahaan yang ikut berkontribusi menyusun materi pelatihan, memberikan fasilitas TUK sewaktu, dan mengirimkan 4 orang teamnya sebagai asesor dan asesi di bidang tenaga surya.

Diharapkan tentu saja hasil lulusan program ini dapat bekerja untuk menangani instalasi pembangkit listrik EBT di pulau-pulau kecil yang mendominasi di Kawasan Timur Indonesia. “Karena menjadi fakta, banyaknya pembangkit listrik berbasis TET di kepulauan rusak akibat ketiadaan perawatan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *